Software accounting terbaik di indonesia

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Penggunaan aplikasi akuntansi terbaik saat ini memang sudah jadi hal lumrah di kalangan pebisnis. Efektivitasnya dalam hal pembukuan tak perlu diragukan lagi, sebab dianggap sangat membantu perusahaan.

Pengertian Aplikasi Akuntansi

Bagi pebisnis pemula, menggunakan aplikasi akuntansi mungkin bukanlah solusi utama yang dipilih. Namun, beda halnya dengan pebisnis handal yang sudah memiliki perusahaan besar dengan jumlah karyawan puluhan bahkan ratusan orang.

Ya, sistem akuntansi untuk usaha terutama yang dinilai “terbaik” akan selalu dipakai oleh perusahaan, guna memudahkan segala aspek pekerjaan yang berhubungan dengan akuntansi perusahaan. Aplikasi akuntansi sendiri merupakan sebuah perangkat lunak yang secara khusus dibuat untuk membantu mengelola keuangan pada bisnis.

Adanya software ini tentu bakal memudahkan perusahaan dalam hal manajemen keuangan, sekaligus bantu meringankan beban kerja seorang accounting. Sehingga, pekerjaan mereka akan terasa lebih efisien.

Keuntungan Menggunakan Aplikasi Sistem Akuntansi Untuk Usaha Terbaik
●    Lebih efisien
●    Akurat dalam perhitungan
●    Risiko kesalahan perhitungan jauh terminimalisir
●    Mengetahui posisi keuangan perusahaan secara real time
●    Mudah untuk diakses

Rekomendasi Aplikasi Sistem Akuntansi Untuk Usaha Terbaik

1.    Jurnal

Aplikasi akuntansi terbaik yang pertama adalah Jurnal. Sistem akuntansi untuk usaha terbaik ini dapat membantu pembukuan sekaligus operasional bisnis perusahaan menjadi lebih efisien.

Terdapat delapan fitur utama yang ditawarkan oleh Jurnal, diantaranya:
●    Fitur laporan bisnis dan keuangan
●    Fitur akuntansi
●    Fitur kas dan transaksi
●    Fitur produk dan inventory
●    Fitur invoice
●    Fitur biaya dan anggaran
●    Fitur mobile app
●    Fitur perpajakan

Menariknya lagi, aplikasi akuntansi ini sudah dilengkapi dengan fitur keamanan berstandar tinggi, ISO 27001 untuk memberikan rasa aman dan nyaman bagi klien mereka.

Bahkan, Jurnal juga memberikan akses bagi penggunanya untuk menghubungkan akun bank mereka dengan aplikasi ini lewat fitur Cash Link.

2.    Bee Accounting

Kedua, aplikasi sistem akuntansi untuk usaha terbaik yang Kami rekomendasikan adalah Jurnal by Mekari. Dengan slogannya yang unik, “Aplikasi akuntansi no:2 di Indonesia”, Bee Accounting diklaim mudah, akurat, dan untung dalam penggunaan.

Tersedia dalam dua versi, yaitu desktop dan cloud, Bee Accounting siap membantu kamu untuk mengurus segala masalah keuangan dalam bisnis yang dikembangkan.

Nah dalam rangka spesial akhir tahun, perusahaan aplikasi akuntansi terbaik ini juga tengah memberikan promo lho bagi konsumen yang ingin memakai jasa mereka.

Promonya berupa diskon 20 persen, terhitung sejak 7 Desember sampai 24 Desember 2020 mendatang. Jadi, buat kamu yang tertarik untuk menggunakan software akuntasi, buruan kunjungi website Bee Accounting ya!

3.    Zahir Accounting

24 tahun dipercaya sebagai mitra aplikasi akuntansi terbaik oleh beberapa perusahaan ternama seperti LinkAja, Traveloka, Kitabisa.com, Bukalapak, dan perusahaan lainnya, layanan dari Zahir Accounting sepertinya cocok buat kamu yang tengah membangun bisnis.

Untuk skala bisnis, Zahir Accounting menawarkan beberapa paket istimewa mereka, diantaranya:
●    Paket khusus dagang dan distribusi
●    Paket khusus ritel
●    Paket khusus kontraktor
●    Paket khusus jasa
●    Paket khusus travel
●    Paket khusus resto dan coffee shop
●    Paket khusus manufaktur
●    Paket khusus minimarket
●    Paket khusus nirlaba

Selain tersedia dalam beragam paket layanan, aplikasi akuntansi terbaik ini juga unggul dari segi fitur yang dihadirkan lho.

Mulai dari fitur rekap penjualan, pembelian, persediaan barang, rekonsiliasi bank, jurnal otomatis, hingga analisis bisnis. Pokoknya, semua fitur keuangan yang kamu butuhkan ada di Zahir Accounting.

4.    EQUIP

Aplikasi sistem akuntansi untuk usaha terbaik yang dikembangkan oleh Hash Micro sejak 2008 lalu ini, sukses bermitra dengan perusahaan-perusahaan besar yang ada di Indonesia, diantaranya seperti Astra Finance dan The Face Shop.

Berdasarkan laman resminya, sistem akuntansi EQUIP diklaim dapat membantu mengendalikan rekening konsumen, mengelola rekening dengan mata asing, bahkan menghasilkan laporan akuntansi yang komprehensif hanya dalam beberapa klik saja.

Sementara bila kita berbicara mengenai fitur yang dimiliki, setidaknya ada 6 fitur unggulan yang dimiliki oleh EQUIP, diantaranya:
●    Laporan keuangan terlokalisasi
●    Reminder pembayaran untuk semua transaksi
●    Manajemen pembayaran pelanggan
●    Manajemen instruksi pembelian
●    Manajemen faktur berulang
●    Semua riwayat transaksi disimpan secara otomatis

5.    SAP

Aplikasi akuntansi terbaik yang berikutnya dalam daftar ini diisi oleh SAP. Aplikasi akuntansi yang berkantor pusat di Jerman ini memang sudah terkenal di berbagai negara bahkan Indonesia, dalam meng-handle klien mereka.

Dengan berbasis cloud, SAP menawarkan sistem akuntansi untuk keperluan manajemen keuangan di perusahaan. Fitur unggulannya sendiri yakni SAP S/4 HANA Finance.

SAP S/4 HANA Finance adalah sebuah fitur yang dirancang khusus untuk membuat laporan keuangan secara real time.

Bukan hanya itu saja, di fitur SAP S/4 HANA Finance pula, terdapat layanan manajemen utang piutang, kredit, sampai financial planner, yang bisa dipakai oleh klien dalam mengelola perusahaan mereka.

Nah, karena termasuk aplikasi akuntansi terbesar, SAP seringnya direkomendasikan untuk bisnis berskala besar. Sehingga, untuk usaha menengah ke bawah, rasanya layanan aplikasi akuntansi ini masih kurang cocok digunakan.

6.    Accurate

Accurate juga termasuk dalam daftar aplikasi akuntansi terbaik yang Kami rekomendasikan. Software online ini diklaim lebih mudah dan cepat dalam menghasilkan laporan keuangan.

Untuk pengguna baru, Accurate bahkan memberikan layanan gratis satu bulan untuk dicoba. Aplikasi akuntansi berbasis cloud ini dianggap paling cocok untuk digunakan oleh pelaku UMKM dan perusahaan yang ada di Indonesia.

Terdapat fitur Smart Link Internet Banking pada layanan aplikasi akuntansi ini. Fitur tersebut memungkinkan klien untuk menarik data rekening koran dari internet banking sekaligus melakukan rekonsiliasi bank, jika memiliki rekening bank DBS, Mandiri, BRI, serta BCA.

7. MYOB

Mind your own business atau lebih populer dengan sebutan MYOB adalah aplikasi akuntansi terbaik yang berbasis di Negeri Kanguru, Australia. Aplikasi akuntansi yang satu ini bukan hanya menawarkan paket untuk bisnis berskala besar saja, namun juga usaha kecil dan menengah.

Terdapat tiga paket layanan pengelolaan keuangan yang bisa dipilih oleh klien MYOB. Paket standar dengan harga sekitar Rp525 ribu, paket plus dengan harga sekitar Rp810 ribu, dan terakhir paket premier seharga Rp1 juta ke atas.

Meski banyak direkomendasikan, sayangnya aplikasi akuntansi ini belum dilengkapi PSAK dan perpajakan Indonesia. Sehingga, bila kamu ingin menggunakan layanannya mesti menyesuaikan lagi secara manual laporan keuangan dan perpajakan bisnismu.

7.    Omegasoft

Terakhir, aplikasi akuntansi terbaik yang bisa kamu cobai untuk bisnismu sendiri adalah Omegasoft. Platform ini diklaim menyediakan berbagai jenis sistem dan alat untuk membantu bisnis menjadi ‘autopilot’.

Tersedia fitur Omega POS (aplikasi kasir), Omega accounting (aplikasi akuntansi), Omega Loyalty App (CRM), serta e-Commerce & IoT (Internet of Things), tiap kali kamu menggunakan layanan dari platform yang satu ini.

Omegasoft sendiri dirancang secara khusus untuk membantu empat kategori bisnis, diantaranya:
●    F&B
●    Retail
●    Distribution
●    Service Business

Nah, itu dia tujuh sistem akuntansi untuk usaha terbaik yang Kami rekomendasikan untuk kamu.

Anda butuh informasi program ini?

Hubungi News Commerce Room TIMES Indonesia di

Hubungi News Commerce Room TIMES Indonesia di 08-822-2850-8611

KLIK

(WA Only)

**) Dapatkan update informasi pilihan setiap hari dari TIMES Indonesia dengan bergabung di Grup Telegram TI Update. Caranya, klik link ini dan join. Pastikan Anda telah menginstal aplikasi Telegram di HP.

Berikut adalah 10 contoh software akuntansi terbaik bagi perusahaan di tahun 2022 yang bisa digunakan. Ada: 1. Software akuntansi Jurnal, 2. FreshBooks accounting,  3. Wave, 4. Zoho, 5. QuickBooks, 6. NetSuite, 7. Xero, 8. MYOB, 9. Kashoo, 10. Sage Accounting

1. Software akuntansi Jurnal

Produk Jurnal.id  berasal dari Indonesia, memiliki fitur lengkap untuk membantu pencatatan keuangan, pengelolaan laporan akuntansi usaha dan manajemen bisnis di Indonesia, cocok untuk segala ukuran usaha di Indonesia.

Memiliki banyak fitur seperti manajemen keuangan, laporan keuangan, manajemen inventory dan gudang, hingga perpajakan dan pembuatan invoice.

Fitur unggulan:

  • Laporan keuangan yang bisa dilihat real time di mana pun & kapan pun.
  • Pembukuan otomatis dan terperinci.
  • Terdapat 11 jenis faktur yang telah disesuaikan dengan kebutuhan pengusaha.
  • Jumlah inventory mudah diperiksa dengan layanan multi gudang multi lokasi
  • Pencatatan biaya & penyimpanan bukti transaksi yang mudah dikelola.
  • Sistem pembuatan invoice yang mudah digunakan.,

Sistem Jurnal menggunakan cloud dan menawarkan fleksibilitas – dapat digunakan di komputer dan handphone secara online, tersedia versi mobile app untuk hp, tablet atau gadget dengan sistem operasi Android atau iOS.

Website: www.jurnal.id/id/

2. FreshBooks

Sistem akuntansi ini hadir dengan tagline “software untuk pemilik usaha dan juga para akuntan”. FreshBooks mudah digunakan dengan beragam fitur utama seperti invoicing expenses, time tracking, projects, payments, reporting, dan accounting.

Website:  www.freshbooks.com

3. Wave

Wave adalah software keuangan yang didekasikan untuk usaha kecil, dengan sistem yang mudah digunakan. Fitur utamanya antara lain invoicing, payments, accounting, banking, payroll, dll.

Website: www.waveapps.com

4. Zoho Accounting

Zoho sudah dikenal baik oleh para pengusaha atau setidaknya oleh para pelaku bisnis dan manajemen. Zoho memiliki banyak fitur termasuk untuk mengolah akuntansi perusahaan. Fitur utamanya antara lain pengelolaan keluar masuk keuangan, inventory, banking, manajemen proyek, penjualan, dan pajak.

Website: www.zoho.com/books/

5. QuickBooks

QuickBooks hadir dengan tagline software yang pintar dan mudah digunakan untuk para pemilik usaha kecil. Beberapa fitur utamanya antara lain fitur invoicing, inventory, manajemen pengeluaran, laporan bank.

Website: https://quickbooks.intuit.com

6. NetSuite Cloud Accounting

Hadir dari brand Oracle, software akunting NetSuite menyederhanakan proses pencatatan transaksi, mengelola hutang dan piutang, mengumpulkan pajak dan menutup pembukuan serta memungkinkan pelaporan yang akurat dan tepat waktu serta kontrol yang lebih besar atas aset keuangan. Fitur utamanya antara lain buku besar, cash management, manajemen pengeluaran dan pemasukan, dan pengolahan pajak.

Website: www.netsuite.com/portal/products/erp/financial-management/finance-accounting.shtml

7. Xero Accounting

Produk ini banyak di rekomendasi kan karena sangat bagus dalam rekonsiliasi akun bank, pembayaran tagihan, monitor proyek, dan klaim pengeluaran, dan yang lainnya yang pas untuk usaha kecil. Xero bisa dijadikan pilihan ketika Anda akan memutuskan produk mana yang akan digunakan untuk membantu tim akuntan di tempat Anda.

Website: www.xero.com/id/

8. MYOB

Rasanya, setiap akuntan sudah mengenal produk yang satu ini. MYOB adalah salah satu software bisnis skala kecil yang siap membantu segala urusan bisnis dengan sistem online dimana sudah menjadi kebutuhan utama di era digital saat ini. Fitur utamanya antara lain Payroll, rekonsiliasi data bank, pembayaran otomatis dan akses online.

Website: www.myob.com/au/accounting-software/essentials

9. Kashoo

Meskipun tidak sepopuler seperti merek sebelumnya, Kashoo memiliki nilai yang juga menarik seperti sistem yang mudah digunakan, tersedia versi mobile dengan fitur invoicing, pajak, dan payroll. Menariknya, produk ini juga ada versi gratisnya dengan tentu saja limitasi fitur tertentu.

Website: https://kashoo.com

10. Sage Accounting

Konsumen Sage sudah mengunakan software ini untuk mengelola akuntansi, karyawan, operasi usaha, pembayaran dan perbankan urusan perusahaan. Target mereka adalah para UKM dan lebih fokus ke mamajemen, strategi dan produktifitas demi kelancaran usaha,

Website: www.sage.com/id-id/

Written by Jane